Joomla Configuration pada SPANEL

Setelah kita membuat sebuah website dengan menggunakan CMS Joomla di local PC kita atau disebuah hosting yang tidak menggunakan SPANEL, kemudian website tsb kita Migrasikan / Upload ke web hosting yang menggunakan SPANEL seperti web hosting MWN, bagi para pengguna Joomla maka kita perlu mengedit file Configuration.php-nya.

Parameter-parameter seperti setting koneksi untuk database (user, password, host, nama database) dan juga log_path dan tmp_path perlu disesuaikan dengan setting-an server yang baru tsb.

Untuk log_path dan tmp_path, adalah direktory fisik untuk folder log dan tmp di Joomla. Nah pada SPANEL dashboard kita hanya bisa melihat root nya dimulai dari /sites/.

Contoh :

 

 

Namun sebenarnya fisik dari direktory kita masih ada lagi didepannya :D, tapi tidak ditunjukan oleh SPANEL nya.
Kita masih bisa melihat directory instalasi Joomla, di Joomla Administrator -> Help -> System Info pada Tab Directory Permission

 

 

 

 

Dapat dilihat bawah directory dimulai : /home/sloki/user/h93444/site/ …..

Nah, sekarang sesuaikan lah dengan SPANEL anda.

 

Selamat Mencoba

About riahantoro
rhantoro.net

2 Responses to Joomla Configuration pada SPANEL

  1. ryo says:

    wah thanks banget buat infonya akhirnya ketemu jga 😀 biasa pake cpanel
    aryo.uas.co.id

  2. makasih bro, hampir seharian searching di google nggak ada yang tepat jawabannya setelah di praktekkan. akhirnya ketemu blog ente, ane pratekkan langsung wes ewes ewes bablas errornya. biasanya sih pakai cpanel normal saja, baru kali ini soalnya pakai spanel. nice info dan rate bintang 5.

Leave a comment