Laporan dari TPS 20 Jatikramat pada PilLeg 2009

Hanya sekedar sharing dan informasi buat teman-teman dari pengalaman sy sebagai saksi dari salah satu partai peserta pemilu 2009.

Pesta demokrasi 2009 telah berlangsung pada tanggal 9 April 2009 diseluruh penjuru lokasi indonesia meskipun ada beberapa daerah yg telat untuk melaksanakan penyontrengan dikarenakan logistik surat suara yg lagi-lagi telat datang karena jauhnya lokasi. Banyak pihak yg meragukan kesiapan KPU dalam menyelenggarakan pemilu kali ini, salah satunya DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang tidak sesuai dengan kondisi ril dilapangan, banyak anak-anak dibawah 17 tahun terdaftar didalam DPT belum lagi banyak nama-nama fiktif yg ditemukan dan jg banyak nama yg tdk tercantum di DPT padahal ia adalah memang warga disitu dan banyak lagi problemnya.

Namun akhirnya, pemilihan umum tetap dilaksanakan. Pemilu kali ini memilih anggota legislatif yang mengisi kursi pada DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD. Tercatat 38 Partai politik meramaikan suasana pemilu kali ini dengan puluhan Calegnya yang terdaftar membuat sejumlah warga kebingungan hrs memilih yang mana. Pemilu kali agak sedikit berbeda ketimbang pemilu2 sebelumnya, pemilu kali ini menggunakan metode penNyontrengan bukan lagi penCoblosan, namun pada aturannya pencoblosan jg dianggap sah suaranya oleh KPU.

Sy bertugas sebagai Saksi salah satu peserta pemilu 2009 dan bertugas di TPS 20, kelurahan : Jatikramat, kecamatan : JatiAsih, Kota : Bekasi Propinsi Jawa Barat. Sebelumnya sy jg pernah menjadi saksi pada tempat yg sama pada Pemilihan Walikota Bekasi dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat, setidaknya ini akan menjadi modal bagaimana secara umum gambaran teknis nantinya. Sebagai saksi dari Partai yg bersih, peduli dan profesional tidak hanya datang pada saat pelaksanaan pemilu saja tetapi hrs mengikuti minimal 1x pelatihan saksi, hal ini penting guna mengetahui hak2 dan kewajiban kita sebagai saksi dan jg tata cara pemilu kali  ini, jika tidak kita akan menjadi saksi yang cuma bengong saja.

Ketua KPPS memulai pemilihan

Ketua KPPS memulai pemilihan

Pada hari kamis itu, acara dimulai tepat pukul 07.00 pagi. Dengan dibuka secara simbolis oleh Pak Lurah Jatikramat membuka perhelatan pemilihan umum yang memakan biaya ygn Mahal itu. Disitu terdapat 7 TPS yaitu TPS 18,19,20,21,22,80,81. Agak berbeda pada pemilu sebelumnya ketika waktu pemilihan sudah dimulai biasanya Ketua KPPS membacakan janji kepada Anggota KPPS tapi pada pemilu kali tidak ada pembacaan janji, dan juga ada beberapa perbedaan yg sy rasakan spt Id Card untuk KPPS, SAKSI, Pemantau Pemilu pada pemilu sebelumnya itu berwarna dan dilengkapi dengan plastik pembungkusnya namun itu berbeda kali ini yang hanya di print hitam putih tanpa plastik pembungkus. Belum lagi tempat pennyontrengannya kali ini hanya menggunakan sterofoam yang berbentuk persegi empat menutupi sisi kanan kirinya berbeda dengan dulu yang menggunakan seng berlogo KPU, tp ada jg yang sy dengar dari TPS lain itu nyontrengnya di kamar mandi alias toilet, waduuh bisa kebayang donk baunya dan makan waktu lama tuh ?@!:,(

About riahantoro
rhantoro.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: