nge-Facebook yuuk

www.facebook.comTak dipungkiri karena sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial antar sesama, maka manusia mencari sarana sebagai wadah perwujudan eksistensi mereka ditengah komunitasnya dan rasa ingin menunjukan atau menonjolkan apa yang manusia rasakan. Salah satunya melalui media internet, mengadopsi sifat dasar inilah muncul berbagai situs yang mengekspresikan jiwa dan rasa yang sedang dialami para pembuatnya seperti blog, personal website, forum, group, mailing list dan sekarang yang sedang marak situs social networking atau jejaring sosial.

Istilah yang belakangan ini semakin digemari para netter atau pengguna internet di seluruh dunia karena situs model jejaring sosial di dunia maya ini mengajak para penggunanya memungkinkan untuk mengenal orang lebih jauh dan memperluas pertemanan lebih banyak dan saat ini lebih dari seratus juta warga dunia kini menikmati dengan situs jejaring sosial.

Hal ini yang coba ditawarkan oleh salah satu situs jejaring sosial di dunia maya yang bernama Facebook mengikuti situs-situs yang serupa yang sebelum telah hadir seperti Friendster, Multiply, MySpace. Facebook, melalui situs ini pengguna dapat memperluas pertemanan lintas negara, bahkan kembali bertemu dengan teman-teman lama yang tidak terlihat lagi selepas misalnya perpisahan sekolah atau hanya sekedar menulis berbagai artikel dan kemudian men-share kan kepada teman-temanya.

Dilihat dari sejarah siapa pembuat Facebook ini ? Dibalik sukses Facebook ternyata ada satu tokoh kunci yaitu seorang mahasiswa Harvard University pada tahun 2004 yang bernama Mark Elliot Zuckerberg yang pada saat itu masih berusia 25 tahun, pemuda ini sebagai perancang teknologi informasi sekaligus berjiwa wiraswasta, dia menciptakan Facebook bersama

facebook-home

rekannya yaitu Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Dengan usaha yang keras yang dilakukan oleh Zuckerberg bersama teman-temannya, bahkan perlu melakukan magang dan terlibat berbagai kerjasama dengan mahasiswa Harvard lainnnya berhasil membawa Facebook unggul bila dibandingkan situs jejaring sosial yang hadir lebih awal dan Facebook kini menjadi situs keempat yang paling sering dikunjungi di dunia.

Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama bahkan memanfaatkan Facebook sebagai salah cara untuk meraih dukungan dalam pemilihan Presiden AS. Pengguna Facebook tidak hanya dari kalangan para pelajar saja, ada juga dari kalangan para karyawan swasta, dan ada juga dari anggota dewan DPR RI yang coba menggunakan media ini.

Facebook menjadi pilihan yang paling banyak dikunjungi untuk sebuah situs jejaring sosial karena Facebook menawarkan desain yang lebih clean atau bersih untuk dilihat dan menawarkan hal-hal yang riil. Seperti contoh Facebook menawarkan orang lain yang kira-kira anda kenal saja untuk ditambahkan sebagai teman anda, MySpace juga menyodori anda beberapa teman, tetapi temasuk menyodori orang-orang yang kita tidak kenal untuk jadi teman. Begitu juga dengan Friendster yang menyodorkan kepada kita orang-orang yang kita tidak kenal. Dengan Facebook data pribadi kita akan hanya bisa dilihat oleh daftar teman-teman kita, kalau ada orang asing yang belum kita tambahkan sebagai teman maka orang asing tersebut tidak akan bisa melihat data pribadi kita.

About riahantoro
rhantoro.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: