Itu Merah Bukan Hijau

Sepertinya artikel ini sudah cukup banyak ditulis oleh orang lain, dan sampai saat ini pun sering sekali dijumpai hal-hal yang itu itu lagi, hanya sekedar mengingatkan dan menyadarkan kepada kita semua tentang kesadaran berkendara dijalan raya ya.. tidak hanya kendaraan roda dua yang notabene rentan terhadap kecelakaan tetapi juga kendaraan roda empat, dan juga pejalan kaki. Kesadaran dari si pengendara kendaraan merupakan salah satu faktor penting guna menghindari musibah kecelakaan berlalu lintas selain dari faktor lain seperti kelayakan kendaraan tersebut, kondisi jalan tersebut, kondisi cuaca pada saat itu, kondisi fisik sipengendara tsb dan terakhir faktor X atau faktor ‘apes’ tapi setidaknya kita telah berusaha untuk mengkondisikan keadaan kita untuk “Safety” dari faktor tersebut

Seperti dikutip dari situs Lantas Polri, sampai pada akhir bulan Juli 2008 tercatat dibulan Juli ini saja terjadi 447 kecelakaan lalu lintas, 315 diantaranya hingga mengakibatkan luka-luka dan 75 sisanya mengakibatkan meninggal dunia. Sebuah angka-angka yang mengerikan, sebenarnya angka-angka tadi bisa diturunkan bila saja kita semua sebagai pemakai jalan raya sadar betul akan yang namanya keselamatan atau Safety. Ambil contoh kecil saja mengenai kesadaran berkendara, yaitu seringnya pengendara khususnya sepeda motor melanggar lampu lalu lintas. Bukannya “menganaktirikan” pengendara motor tapi memang itu faktanya, meskipun ada juga pengendara mobil.

Aku pun seorang pengendara sepeda motor yang aktif, setiap hari baik berangkat kerja maupun pulang banyak sekali kutemui para pengendara motor sering melintas lampu merah yang seharusnya ia berhenti, hal ini tentunya sangat berbahaya sekali karena dari arah yang berlainan yang sedang berwarna hijau traffic lightnya laju kendaraan begitu kencangnya, tentunya hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan fatal gara-gara si pengendara bodoh yang mencoba-coba keberuntungannya melintasi lampu merah. Terkadang aku sering mengalami sendiri ketika lampu traffic light sedang hijau di jalanku, laju kendaraan ku pelankan ketika melintasi perempatan atau pertigaan, ya takut-takut dari arah yang lain ada kendaraan yang coba-coba menyeberang dan ternyata benar ada saja kendaraan yang coba melintasi jalan ku.

Kesadaran seperti ini mungkin dianggap sepele atau bahkan dilupakan oleh kebanyakan orang, tapi hal ini cukup penting, mengingat dari hal yang kecil ini bisa berakibat fatal atau kematian sekalipun. Jadi marilah kita bangun budaya kesadaran dari yang paling kecil dan dari diri sendiri dahulu, seperti kata Aa Gym yang populer dengan tausyiahnya “Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang terkecil, Mulai dari saat ini”. Dan gak ada ruginya koq jika dibandingkan dengan akibat yang bakalan bisa terjadi.

So be smart driver

About riahantoro
rhantoro.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: